Bawaslu Kembali Buka kelas SKKP 2021, Pekanbaru Sumbang Pendaftar terbanyak se Riau.

Pekanbaru,27 Mai 2021, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Pekanbaru, Bawaslu Republik Indonesia (RI) Kembali membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin belajar tentang pengawasan Pemilu dan pengetahuan kepemiluan  melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tahun 2021. Berbeda dari sebelum nya, Sekolah kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) tahun 2021 ini dilakukan secara non luring/tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada tahun ini, terdapat 304 kabupaten/kota yang telah ditetapkan menjadi daerah rekruitmen peserta yang akan dilakukan secara selektif dengan tahapan pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 – 28 Mei 2021, melalui pendaftaran online di tautan https://skpp.bawaslu.go.id/registrasi/.

Untuk Provinsi Riau sendiri, kelas SKPP hanya dilaksanakan di  7 kabupaten/kota, yaitu Pekanbaru,Dumai, Kampar, Bengkalis, Meranti, Kuansing, dan Siak. berdasarkan pantauan update terakhir, Kota Pekanbaru menjadi penyumbang peserta SKPP terbanyak se Riau dengan jumlah peserta yang mendaftar  mencapai 65 peserta, disusul Dumai dan Kuantan singingi.

SKPP ini adalah salah satu bentuk Inovasi yang di buat Oleh Bawaslu  sebagai upaya peningkatan Kualitas penegakan demokrasi melalui pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada oleh masyarakat. melalui SKPP diharapkan akan melahirkan kader-kader pengawasan Partisipativ yang memiliki kopetensi kepemiluan dan pengawasan di tengah masyarakat.

Didalam kelas SKPP nantinya, peserta akan mendapatkan materi kepemiluan, pengawasan dan Pencegahan pelanggaran pemilu oleh para ahlinya langsung.Diakhir masa pembelajaran peserta yang dinyatakan lulus, akan diberikan sertifikat dan peserta terbaik utusan Provinsi akan di ikutsertakan dalam pelatihan  tingkat Nasional yang pada tahun sebelumnya dipusatkan di Bogor.

Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar lembaga, Rizqi Abadi menyampaikan bahwa SKPP adalah kesempatan baik bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dibidang kepemiluan dan pengawasan partisipativ “nantinya para peserta yang lolos seleksi Pendaftaran akan diberikan fasilitas maksimal untuk mengikuti pembelajaran oleh Bawaslu” Ujar Rizqi.

Untuk dapat mengikuti Kelas SKPP tahun 2021, Pendaftar  harus melengkapi beberapa persyaratan diantaranya  minimal usia 20 tahun dan maksimal 30 tahun, berpendidikan minimal SMA/sederajat, berpengalaman atau sedang menjadi pengurus organisasi atau komunitas, tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Partai Politik, belum pernah mengikuti SKPP secara luar jaringan, belum pernah menjadi penyelenggara Pemilu/pemilihan adhoc, belum pernah atau sedang menjadi staf di lingkungan penyelenggara Pemilu, tidak pernah dan tidak sedang menjadi tim kampanye atau tim sukses pasangan calon tertentu.

Ketentuan dan syarat selanjutnya, bahwa setiap calon kader mendapatkan izin dari instansi untuk mengikuti program pendidikan sampai selesai (bagi yang bekerja), bersedia untuk mengikuti pendidikan sampai selesai, tidak pernah atau sedang terlibat dalam kasus hukum, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba, afirmasi pendaftar bagi perempuan disabilitas dan kelompok rentan dan beralamat dan tau berdomisili di daerah yang ditunjuk melakukan proses rekruitmen SKPP.

 

 

Bawaslu Kembali Buka kelas SKKP 2021, Pekanbaru Sumbang Pendaftar terbanyak se Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas