Bawaslu Kota Pekanbaru Mulai lakukan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan,

Pekanbaru, Rabu 6 Oktober 2021, Menindak lanjuti surat edaran Bawaslu Republik Indonesia nomor 13 tahun 2021 tertanggal 30 Maret 2021 tentang Pelaksanaan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), Bawaslu Kota  Pekanbaru  mulai melakukan Pengawasan DPB  secara langsung  atau biasa dikenal dengan sebutan uji petik. Kegiatan pengawasan yang semula di rencanakan di awal tahun ini sempat tertunda dikarenakan masih tinggi nya level penularan Covid 19 di kota Pekanbaru yang berstatus di level 4 ( Zona merah ).

Dengan telah menurunnya level penularan  Covid di Kota Pekanbaru, yang ditandainya Pekanbaru saat ini berada di level 2, Bawaslu Kota Pekanbaru langsung melakukan tugas pengawasan Daftar Pemilih berkelanjutan yang perdana dilakukan di Kec.Tampan dan akan menyusul di kecamatan lainnya. Kegiatan Pengawasan DPB ini dilakukan oleh Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Kordiv Divisi Pengawasan Rizqi Abadi beserta staf PHL dengan mengunjungi kantor kelurahan Delima.

Di kelurahan Delima, Bawaslu Kota Pekanbaru melakukan uji sample data warga yang telah meninggal, pemilih baru atau pemilih yang belum terdata di dalam daftar pemilih Berkenjutan (DPB) sesuai dengan arahan dari Bawaslu RI agar bawaslu Kab/Kota melakukan analisa, pencermatan dan pengawasan terhadap jalannya penyususnan Daftar pemilih berkelanjutan yang tengah dilakukan Oleh KPU.

dari hasil sample data warga yang ditemui dilapangan, masih di dapati sejumlah temuan data warga yang telah meninggal masih terdaftar dalam DPB dan ditemukan juga adanya pemilih baru yang memiliki hak Pilih namun belum terdaftar dikarenakan sebelumnya berstatus TNI/Polri. Menyikapi temuan tersebut, Rizqi Abadi selaku koordinator Divisi pengawasan melakukan koordinasi dengan Ketua RW/RT dan pihak kelurahan untuk sama sama melakukan pengecekan kembali data warga terutama yang telah meninggal atau yang belum terdaftar dalam DPB untuk selanjutnya di laporkan kepada KPU Kota Pekanbaru.

ini sebagai langkah awal kita untuk melakukan pengawasan kemudian kita lakukan uji petik karena apabila Bawaslu Kota Pekanbaru” hanya mengandalkan dari data lama maka tidak ada update data, uji petik ini dilakukan untuk memastikan apakah nama tersebut TMS atau MS” kata Rizqi Abadi saat melakukan dialog bersama Sekretaris lurah, RT dan RW di kel.Delima

” Kami selalu melakukan update data warga yang telah meninggal dunia melalui RT/RW masing masing, namun yang menjadi kendala saat ini masih banyak warga yang belum memiliki akta kematian dikeranakan pihak keluarga belum melaporkan kepada pengurus RT/RW setempat” ujar Tego, pejabat RT yang juga pernah menjabat anggota PPS di pemilu sebelumnya.

Pengawasan dan sosialisasi penyusunan  Daftar pemilih berkelanjutan ini akan terus dilakukan oleh Bawaslu Kota Pekanbaru di kecamatan lain nya dan Bawaslu Kota Pekanbaru terus menjalin koordinasi dengan KPU Kota Pekanbaru dan instansi terkait dalam proses penyusunan  daftar pemilih berkelanjutan ini agar data pemilih yang dihasilkan nanti menjadi akurat dan berkualitas.

 

 

 

 

 

Bawaslu Kota Pekanbaru Mulai lakukan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas