Bawaslu Kota Pekanbaru Serahkan Hasil Uji Petik ke KPU Kota Pekanbaru

PEKANBARU- Bertempat di Kantor Sekretariat KPU Kota Pekanbaru, JL. Datuk Setia Maharaja, Bawaslu Kota Pekanbaru serahkan Hasil Uji Petik Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Kota Pekanbaru ke KPU Kota Pekanbaru, Senin 29/11/2021. Uji petik yang telah  dilaksanakan Bawaslu di Kelurahan Delima, Kecamatan Bina Widya dan Kelurahan Pesisir, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru.

“Uji petik ini sudah berdasarkan kepada Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 13 Tahun 2021 tentang pelaksanaan pengawasan DPB pada Poin E Nomor 4,” kata Indra Khalid Nasution, Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru dalam sambutannya di Kantor KPU Kota Pekanbaru.

Poin E Nomor 4 tersebut menyatakan, Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan uji petik sebelum melaksanakan pengawasan pelaksanaan rekapitulasi dengan cara memeriksa dan melakukan audit dalam lingkup pemerintahan paling kecil di masing-masing wilayah kerja kabupaten/kota untuk mendapatkan informasi Pemilih keluar atau masuk wilayah/pindah domisili, Pemilih meninggal dunia, Pemilih beralih status menjadi TNI/Polri dan atau pensiunan TNI/Polri.

“Dari hasil uji petik yang kita lakukan, ada 11 nama yang sudah meninggal dunia yang masih terdapat dalam DPB Kota Pekanbaru. 11 nama tersebut berasal dari Kelurahan Delima dan Pesisir,” tambah Rizki Abadi, anggota Bawaslu Kota Pekanbaru.

Bawaslu Kota Pekanbaru sebutnya, sangat mengharapkan agar hasil uji petik yang dimaksud bisa menjadi perhatian dan ditindaklanjuti oleh KPU Kota Pekanbaru sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Menanggapi hal ini Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merciyanto sangat berterima kasih atas hasil uji petik yang diserahkan Bawaslu Kota Pekanbaru. Menurutnya, hasil uji petik tersebut bisa menjadi data tambahan dalam memutakhirkan DPB Kota Pekanbaru.

“Setelah ini, bagian Proda akan mengecek apakah masih ada data pendukung yang dibutuhkan sehingga seorang pemilih bisa dikatakan tidak memenuhi syarat lagi menjadi pemilih,” ujarnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ariya Ghuna Saputra, Zulfajri, Desriantoni (masing-masing sebegai anggota KPU Kota Pekanbaru, Yasrif Tambusai, Fitri Heriyanti (masing-masing sebagai anggota Bawaslu Kota Pekanbaru), Erwan taufiq (Sekretaris KPU Kota Pekanbaru), Kurnia Arianto (Kasubag Proda KPU Kota Pekanbaru) beserta staf Proda dan sejumlah staf Bawaslu Kota Pekanbaru.

Bawaslu Kota Pekanbaru Serahkan Hasil Uji Petik ke KPU Kota Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas