Kunjungi Bawaslu Pekanbaru, JP3R Nyatakan siap berperan aktiv dalam Pengawasan Partisipatif

Pekanbaru, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru menerima kunjungan dari Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Lanjut di Sekretariat Bawaslu Kota Pekanbaru (07 /12/2021) jalan kutilang no 14.i yang baru saja mengikuti kegiatan SKPP di bogor beberapa waktu lalu.

Kedatangan Alumni SKPP diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution, Rizqi Abadi dan Fitri Heriyanti sebagai Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru serta Plt. Koordinator Sekretariat Gus Hendri.

Dari hasil kegiatan SKPP Tingkat Menengah di Provinsi Riau, Alumni SKPP membentuk sebuah wadah yang di beri nama Jaringan Pengawas Partisipatif Provinsi Riau (JP3R) yang di motori oleh Ananda Ahsanu selaku Ketua JP3R.

Ananda menyampaikan maksud kedatangan JP3R adalah sebuah langkah nyata tindak lanjut dari kegiatan SKPP yang merupakan program dari Bawaslu Republik Indonesia dan meminta saran pendapat dari Bawaslu Kota Pekanbaru terhadap JP3R yang baru terbentuk.

kami ingin membangun silaturrhami dengan Bawaslu Kota Pekanbaru, sehingga bisa menyelearaskan program kerja yang ada di JP3R dengan Program Pengawasan Partisipatif yang ada di Bawaslu Kota Pekanbaru” ujar Ananda.

Ananda menambahkan “kegiatan yang serupa dengan JP3R ini pada saat ini baru ada 3 Provinsi di Indonesia yang melaksanakannya yaitu Provinsi Riau, Jakarta dan Kepulauan Riau dan pada saat ini Tim JP3R terdiri dari Alumni SKPP Perwakilan Provinsi diantaranya Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Kuantan Singingi”.

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra menyampaikan selamat datang alumni SKPP yang sekarang sudah membuat wadah yaitu JP3R, Kegiatan ini adalah sangat bermanfaat dimana ada keterikatan sesame alumni, narasumber dan mentor.
“Alumni SKPP harus menggambarkan sebagai keluarga besar pengawasan yang mempunyai kepekaan terhadap demokrasi dan tidak apatis terhadap kegiatan pemilihan yang tidak sesuai dengan regulasi yang ada, tetaplah bersemangat tentang demokrasi dan bertindak, lakukan pencegahan diawal dan advokasi kepada masyarakat tentang regulasi kepemiluan. Saya sangat mendukung kehadiran JP3R ditengah masyarakat yang berada di Provinsi Riau yang sangat berguna untuk kualitas demokrasi, yang sangat terpenting adalah urus izin organisasi sebagai legalitas JP3R” ujar indra.

Fitri Heriyanti Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru menyampaikan, “ tidak semua orang yang terkait masalah politik, Bawaslu Kota Pekanbaru membangun kesadaran masyarakat agar dapat mengawal suara yang telah diberikan saya harap JP3R dapat bersinergi dengan Bawaslu mari kita sama sama dalam mengawal demokrasi”.

“Bawaslu Kota Pekanbaru siap memberikan dukungan baik informasi kepemiluan yang ada di kota pekanbaru”,tambah fitri.

Dalam kesempatan ini Rizqi Abadi merupakan Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru,”Pada saat ini Bawaslu Kota Pekanbaru dan Bawaslu Se Indonesia dalam kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, dalam beberapa hari yang lalu Bawaslu Kota Pekanbaru melakukan uji petik terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) mendatangi Kantor Lurah Payung Sekaki melibatkan salah satu Alumni SKPP Tingkat Lanjut yang berasal dari Kota Pekanbaru yaitu susi asraini”.

dalam kesempatan itu susi bersedia memberikan informasi terhadap pemilih yang sudah meninggal dunia, pemilih pemula dan alih status TNI/Polri di daerahnya, ini adalah salah satu bentuk nyata kepedulian dari partisipasi masyarakat dalam Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan di daerahnya”. Tutup rizqi.

Penulis : febriko

Kunjungi Bawaslu Pekanbaru, JP3R Nyatakan siap berperan aktiv dalam Pengawasan Partisipatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas