Lompat ke isi utama

Berita

Dr Bachtiar Koordinator Tenaga Ahli Bawaslu RI Isi Materi Bimtek Bagi Panwaslu Kecamatan se-Kota Pekanbaru

Dr Bachtiar Koordinator Tenaga Ahli Bawaslu RI Isi Materi Bimtek

Dr Bachtiar Koordinator Tenaga Ahli Bawaslu RI saat menjadi pemateri pada kegiatan Bimtek Bagi Panwaslu Kecamatan se-Kota Pekanbaru

Pekanbaru - Koordinator Tenaga Ahli (Korta) dari Bawaslu RI Dr. Bachtiar didapuk mengisi sesi terakhir materi Bimtek yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Pekanbaru. Selasa malam (30/7/2024) di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Korta Bawaslu RI itu mengisi materi Bimtek 'Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Proses pada pemilihan serentak tahun 2024 bagi Bawaslu Pekanbaru dan Panwaslu Kecamatan se-Kota Pekanbaru'.

Dijelaskan Dr Bachtiar, bahwa Bawaslu dan Panwaslu kecamatan harus selalu memperjelas arah dan tugas dari pengawas pemilu. Pengawas pemilu memiliki kepentingan sesuai kepentingan Undang-undang.

"Kepentingan konstitusional. Dan Memastikan transfer kedaulatan berjalan dengan baik. Hitam putihnya proses demokrasi tergantung para pengawas Pemilu di kota Pekanbaru", kata Bachtiar di hadapan Panwascam se-kota Pekanbaru.

Korta Bawaslu RI ini mengingatkan kepada Panwaslu kecamatan se-kota Pekanbaru bahwa panwascam terlahir dari Undang-undang yang sudah disepakati bersama rakyat.

"Ingat Panwascam lahir dari Undang-undang, jadi jangan khianati rakyat", ujar Korta Bawaslu memberikan warning kepada Panwascam.

Selain itu, Korta Bawaslu juga memberikan masukan dan terobosan seputar pengawasan agar Panwaslu kecamatan mudah dalam menyampaikan kerja pengawasan kepada masyarakat.

"Berikan semua informasi kepada media. Kecuali hal-hal yang dikecualikan. Dan selalu lah menggunakan saluran media massa dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat ", papar Korta Bawaslu Dr Bachtiar di hadapan seluruh peserta Bimtek.

Bimtek yang berlanjut hingga malam itu dihadiri oleh Ketua Bawaslu Pekanbaru Ferdy, Anggota Bawaslu kota Pekanbaru Reni Purba dan Raja Inal Dalimunte. Serta Komisioner Bawaslu Riau Amirudin Sijaya dan Nanang Wartono.

P/E : Humas Bawaslu Pekanbaru