Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Rakornas Manajemen Publikasi, Bawaslu Pekanbaru: Penting untuk Menggali Ide Mensosialisasikan Pemilu

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty

Jakarta - Bawaslu Pekanbaru menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Manajemen Publikasi Media Sosial dan Pemberitaan Bawaslu pada Pemilu 2024 di Jakarta. Ada beberapa yang dibahas dalam pertemuan badan penyelenggara Pemilu se-Indonesia itu, salah satunya terkait publikasi dan pemberitaan.

Kepala Biro Pengawas dan Humas Bawaslu RI Agung

" Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah melakukan evaluasi terkait Publikasi dan Pengawas tahapan yang telah dilaksanakan pada tahapan pemilu"

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mengatakan, humas adalah divisi yang tidak pernah tidur. Ada tahapan, divisi ini akan bekerja dan tanpa ada tahapan divisi ini juga akan bekerja.

"Meskipun seluruh tahapan telah selesai, Humas Bawaslu tetap berperan penting sehingga perlu untuk terus bekerja, humas tidak bisa tidur untuk melakukan publikasi dan pemberitaan yang lebih baik"

Rakornas evaluasi ini penting kita laksanakan Karena adanya jejak pendapat kompas bahwa masih minim masyarakat yang tau tentang kepemiluan, selain itu kurangnya laporan masuk yang diregister hanya ada 40%, selanjutnya ada regulasi yang berbeda antara Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah, dimana kalau pemilu menggunakan UU No 7 tahun 2017 yang kemudian mengalami perubahan ke UU 7 Tahun 2023, sementara kalau PILKADA itu menggunakan UU No 10 tahun 2016.

Jadi mulai sekarang para humas Bawaslu sudah harus bercermin pada  UU Pemilukada walaupun tahapan Pemilu belum selesai karena masih berproses di MK.

Lanjut Lolly, perlu diketahui apa yang keliru dari proses publikasi, apa yang masih kurang dari proses cara Bawaslu memberitakan, cara mewartakan dan apa yang kurang dari publikasi selama ini dijalankan.

Ia menambahkan, divisi humas itu lintas organisasi, dia harus paham pencegahan partisipasi masyarakat. Kemudian harus paham pengalaman pelanggaran termasuk penyelesaian sistem.

"Jadi untuk para staf mari berikan dukungan kerja terbaik dengan ikut mantengin ya untuk proses yang terjadi. Kualitas humas seluruh daerah khususnya di tingkatkan kabupaten atau kota belum merata, ada yang bagus-bagus banget ada yang belum bagus ya, belum bagus banget," jelasnya.

Terakhir saya mau menyampaikan titipan dari Mahkamah Konstitusi karena kita sekarang sementara melakukan akurasi data, jadi mari kita pastikan keakuratan data di seluruh jajaran, supaya tidak ada lagi alasan salah input

Ia juga menyebutkan, pengawasan terhadap proses sekarang sudah harus bergerak ke pemilihan kepala daerah (Pilkada) meskipun tugas untuk Pemilu belum selesai. "Kenapa saya bilang belum selesai? kita sedang mempertanggungjawabkan kinerja kelembagaan di Mahkamah Konstitusi," katanya.

Anggota Bawaslu Pekanbaru Reni Purba yang hadir dalam acara itu mengatakan, rendahnya sosialisasi menjadikan Rakornas ini sangat penting untuk dilaksanakan. Mengingat pentingnya saling koordinasi dan saling menggali ide-ide kreatif sebagai langkah-langkah mensosialisasikan Pilkada ke masyarakat.

"Untuk itu sesuai Divisi terundang maka Kordiv P2H dan Staf kehumasan hadir dalam acara rakor yang dilaksanakan pada hari Senin 01 - 03 April 2024 di Hotel Mercure Ancol Jakarta," kata Reni.**

penulis : DA & MM

editor : Humas Bawaslu Kota Pekanbaru