Lompat ke isi utama

Berita

ingatkan Panwascam dan jajaran, Reni tegaskan pemutakhiran & penyusunan Daftar pemilih itu penting

Reni Purba Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas

Reni Purba selaku Kordiv. Pencegahan, Parmas dan HUmas dalam meberikan sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2024., 22-23/06/2024

Pekanbaru-Bawaslu Kota Pekanbaru melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Panwaslu Kecamatan serta jajaran tingkat Kecamatan terkait masuknya tahapan Pencocokan dan Penelitian daftar pemilih, kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Pangeran yang berlangsung tanggal 22 s.d 23 Juni 2024.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk memaksimalkan pengawasan dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, dikarenaTahapan Pencocokan dan Penelitian yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

Reni Purba selaku anggota Bawaslu Kota Pekanbaru dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemutakhiran ini harus berjalan dengan baik.
"panwaslu kecamatan harus sampaikan ke seluruh jajaran di tingkat kecamatan dan kelurahan serta staf agar bekerja dengan maksimal, lakukan pengawasan dengan benar dan jangan lupa untuk membuat laporan pengawasannya," ucap Reni.

Reni juga menyampaikan bahwa terkait mutarlih harus kita pahami bersama agar tidak ada Miss komunikasi.
"sekitar 60% dari tingkat kecamatan dan 70 % kelurahan serta sekretariat adalah wajah baru, dengan ada nya 2 pemateri kita pagi hari ini, ayo kita Kulik semua terkait mutarlih ini, karena mutarlih ini sangat penting dan jangan ada kesalahan dalam pengawasannya," ucap Reni

Taufik Hidayat sampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk kita memahami bahwa pemutakhiran dan penyusunan data ini sangat penting.
"saya menghimbau untuk seluruh panwaslu tingkat kecamatan, kelurahan dan sekretariat untuk disiplin dalam setiap kegiatan, saya akan absen untuk setiap kegiatan karena kegiatan mutarlih sangat penting bagi kita semuanya," ucap Taufik

Irma (kadisdukcapil) menyampaikan seluruh data kependudukan terpusat di jakarta.
"seluruh data kependudukan sudah terpusat di jakarta, di daerah hanya sebagai pelayanan untuk masyarakat dalam perekaman dan ha lainnya," ucap Irma.

Irma juga menyampaikan bahwa data DP4 akan menjadi titik acuan untuk pemutakhiran daftar pemilih oleh KPU
"DP4 pemilihan 2024 akan menjadi acuan dalam pemutakhiran nanti oleh KPU, jadi nanti dukcapil akan mengeluarkan data DP4 tanggal 2 mei ke KPU RI, dan KPU ke KPU daerah tanggal 19 mei," ucap Irma.

siti syamsiah (KPU)
Siti menyampaikan bahwa tolong libatkan panwaslu agar menjadi legitimasi dalam setiap kegiatan kita.
" libat kan panwaslu agar jadi legitimasi dalam setiap kegiatan kita, apalagi terkait mutarlih yang akan dilaksanakan hingga -7 sebelum pencoblosan tanggal 27 November nanti," ucap Siti

selanjutnya, siti juga menyampaikan bahwa akan ada 2 pantarlih untuk 1 TPS.
"kedepannya akan ada 2 orang pantarlih saat coklit di tiap tiap TPS, karena akan ada sekitar 480 dpt dalam 1 TPS nantinya, untuk teknis dilapangan akan diserahkan kepada pantarlihnya," ucap Siti.

Reni purba selaku anggota Bawaslu Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa mutarlih ini sangat penting nantinya.
"disampaikan bahwa mutarlih ini sangatlah penting karena ini akan mempengaruhi penyusunan daftar pemilih nantinya, dan di harapkan setiap pengawas agar melakukan pengawasan dan pengisian alat kerja yang telah disediakan,"ucap Reni

dengan demikian, di harapkan kepada seluruh jajaran Bawaslu Kota Pekanbaru dan Panwaslu Kecamatan se-Kota Pekanbaru serta seluruh jajarannya agar siap untuk melakukan pengawasan dalam Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang akan berlangsung di November mendatang.

Penulis/editor : Humas Bawaslu Kota Pekanbaru