Lompat ke isi utama

Berita

Pleno DPS Tingkat Kota, Bawaslu Pekanbaru Pertanyakan Tindak Lanjut Masukan Panwascam

Kordiv. Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Pekanbaru

Reni Purba, SPd Kordiv. Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Pekanbaru dilaksanakan Sabtu kemarin. Ada beberapa poin yang menjadi sorotan Bawaslu Pekanbaru saat pleno tersebut.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas (P2H) Bawaslu Kota Pekanbaru Reni Purba mengatakan, ada beberapa masukan pada saat rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Kecamatan.

"Ada dua kecamatan yang belum ditindaklanjuti dan juga terkait Pemilih yang jauh dari domisilinya," kata Reni, Ahad (11/08/2024).

Reni Purba juga menitikberatkan terkait data pemilih yang terdampak pada pemekaran wilayah kelurahan, namun saat ini masih terdaftar pada wilayah kelurahan induk.

"Bawaslu berharap ada solusi terbaik terkait daerah pemekaran ini sebelum penetapan DPSHP," kata Reni.

“Ini penting menjadi catatan, kami khawatir akan berdampak rendahnya partisipasi pemilih pada Pilkada nanti, karena penempatan TPS pemilih jauh dari tempat tinggalnya,” sambung Reni.

Saay rapat pleno DPS, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menetapkan sebanyak 789.236 pemilih untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Pekanbaru Raga Prawira menyampaikan, penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pilkada. Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya.

“Jika pemutakhiran data pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya juga akan sangat terganggu,” katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholder yang hadir telah bersinergi dan berkontribusi dalam proses pemutakhiran data pemilih ini. Proses yang dilaksanakan secara terbuka dan akuntabel, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan.

Source : https://www.cakaplah.com/berita/baca/113503/2024/08/11/pleno-dps-tingkat-kota-bawaslu-pekanbaru-pertanyakan-tindak-lanjut-masukan-panwascam/#sthash.Lu4qJvx8.dpbs