Lompat ke isi utama

Berita

Segera di buka pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan dari pendaftar umum

Ujian Evaluasi peserta existing

 

Dalam rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024. Badan Pengawas Pemilu membuka peluang melalui 2 tahapan proses seleksi menjadi pengawas pemilu Kecamatan. Yaitu melalui proses existing dan proses pendaftaran baru(umum).

Ferdy menyebut, perekrutan panwaslu kecamatan untuk pemilihan tahun 2024 tersebut mengacu kepada Surat Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Nomor 4224.1.1/HK.01.01/04/2024.

"dikarenakan adanya peserta existing yang tidak lulus sebagai calon anggota panwaslu kecamatan untuk pemilihan tahun 2024, maka kita akan buka perekrutan untuk calon anggota panwaslu kecamatan dari pendaftar baru untuk pemilihan tahun 2024," kata Ferdy

Lanjut Raja Inal, di tahap kedua perekrutan calon anggota panwaslu kecamatan ini untuk pendaftar baru yang bukan berasala dari panwaslu kecamatan pada pemilu tahun 2024.

"kita akan segera melakukan sosialisasi terkait perekrutan calon anggota panwaslu kecamatan untuk pemilihan tahun 2024," kata Raja Inal

Di tempat yang sama, Taufik selaku ketua pokja menjelaskan, Bawaslu Pekanbaru juga akan melakukan rekruitmen calon anggota Panwascam jalur umum untuk memenuhi jumlah kuota, jika ada kekosongan atau peserta existing yang tidak memenuhi syarat.

"perekrutan dari pendaftar baru akan dibuka pada tanggal 5-7 Mei 2024, akan ada 12 kecamatan yang akan dibuka pendaftaran nya serta pengumuman terkait perekrutan akan di umumkan melalui media sosial dan laman website resmi bawaslu kota pekanbaru," kata Taufik.

Misbah juga menjelaskan, terkait perekrutan calon anggota pawnaslu kecamatan akan di umumkan sesuai dengan jadwal tahapan.

"kita akan sosialisasikan terkait pengumuman sesuai dengan jadwal tahapan perekrutan, dan itu semua sudah ada aturannya kita akan menyesuaikan dengan juknis yang ada," kata misbah.

Tahapan ini tentunya berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 4224.1.1/Hk.01.01/K1/04/2024 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan Tahun 2024 dan pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan dalam rangka pemilihan tahun 2024 Nomor : 004/KP.01.00/RA-11/05/2024.

berikut adalah pengumuman dan lampiran untuk pendaftaran peserta baru calon anggota panwaslu kecamatan.