Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Pekanbaru Ikuti Evaluasi Kehumasan Triwulan III 2025, Tekankan Peran Humas untuk Citra Lembaga

Bawaslu Kota Pekanbaru mengikuti kegiatan Penguatan Kelembagaan Melalui Evaluasi Kinerja Kehumasan Triwulan ke-3 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau Tahun 2025 di Aula Bawaslu Provinsi Riau

Bawaslu Kota Pekanbaru mengikuti kegiatan Penguatan Kelembagaan Melalui Evaluasi Kinerja Kehumasan Triwulan ke-3 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau Tahun 2025 di Aula Bawaslu Provinsi Riau

Pekanbaru – Bawaslu Kota Pekanbaru mengikuti kegiatan Penguatan Kelembagaan Melalui Evaluasi Kinerja Kehumasan Triwulan ke-3 Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau Tahun 2025 di Aula Bawaslu Provinsi Riau. Kegiatan ini bertujuan memperkuat peran humas dalam menjaga komunikasi timbal balik dengan masyarakat eksternal dan citra lembaga, serta menjadi wajah Bawaslu yang dekat dengan masyarakat, Senin (27/10/2025).

Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh ketua dan Kordiv yang membidangi kehumasan Se-Provinsi Riau. Kegiatan ini menkankan bahwa humas harus menjadi tokoh masyarakat yang disukai, mendengarkan aspirasi, dan menjaga pandangan positif masyarakat terhadap lembaga. Ini penting untuk membangun kepercayaan, terutama di wilayah kerja masing-masing, agar Bawaslu dilihat sebagai lembaga yang netral dan berintegritas.

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Ferdy, yang hadir dalam kegiatan tersebut, menegaskan bahwa humas memiliki peran strategis dalam mendukung tugas Bawaslu.

“Humas bawaslu harus hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk menjaga komunikasi dan citra positif. Kita harus menjadi tokoh yang disukai, bukan hanya dikenal, agar bisa bekerja sama dengan masyarakat. Pandangan masyarakat terhadap Bawaslu di wilayah kerja kita harus positif, baik di dunia maya maupun nyata. Dengan begitu, tugas pengawasan Pemilu bisa berjalan lebih efektif, meski waktu masih panjang hingga 2028,” ujar Ferdy.

Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Reni Purba, yang juga turut serta, menambahkan bahwa kehumasan harus disesuaikan dengan era sekarang, di mana konten digital menjadi kunci komunikasi.

“Di masa sekarang, kita perlu tim khusus untuk membuat konten yang memperlihatkan bahwa Bawaslu masih aktif dan memberikan informasi berguna. Konten seperti video tentang aktivitas kita harus dibuat bersama, dengan fokus pada apa yang harus disampaikan dan bagaimana cara menarik agar masyarakat semangat. Ini akan menantang kita untuk menata kembali kehumasan di wilayah masing-masing, agar komunikasi lebih efektif dan citra lembaga terjaga,” ujar Reni Purba.

Bawaslu Kota Pekanbaru berkomitmen memperkuat peran humas melalui kegiatan evaluasi ini untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat. Masyarakat diimbau untuk aktif berkomunikasi dan melaporkan aspirasi melalui saluran resmi Bawaslu demi demokrasi yang transparan dan bermartabat.

 

Penulis/editor : Humas Bawaslu Kota Pekanbaru